Kamis, 19 November 2015

Konsep Dasar

Untuk memahami konsep penyebab masalah kesehatan kita mulai dengan memahami beberapa definisi dibawah ini.
Dari definisi tersebut diatas hal terpenting apa yang harus kita garis bawahi mengenai konsep penyakit dan kesehatan masyarakat. tuliskan pendapat anda pada kolom komentar.

UNTUK MELANJUTKAN MATERI KULIAH SILAHKAN KLIK DISINI 

10 komentar:

  1. penyakit adalah kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi struktur, bagian, organ atau sistem dari tubuh, dimana kesehatan masyarakat merupakan seni untuk mencegah panyakit tsb antara lain :
    a. Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab maupun faktor risiko yang berhubungan dengan timbulnya penyakit dan masalah kesehatan lainnya
    b. Menerangkan besarnya masalah dan gangguan kesehatan serta penyebarannya dalam suatu penduduk tertentu
    c. Mengembangkan metodologi untuk menganalisis keadaan suatu penyakit dalam upaya untuk mengatasi atau menanggulanginya.
    d. Mengarahkan intervensi yang diperlukan untuk menanggulangi masalah yang perlu dipecahkan.

    BalasHapus
  2. Nama : Henny Puspa
    NPM : 15410038P

    Penyakit timbul karena tubuh tidak mampu untuk beradaptasi terhadap suatu rangsangan/tekanan sehingga menimbulkan gangguan pada fungsi/struktur tubuh. Oleh karena itu diperlukan suatu konsep mengenai kesehatan masyarakat untuk mencegah timbulnya penyakit sehingga tercipta pola hidup yang bersih & sehat dilingkungan masyarakat dimana nantinya mampu memperpanjang harapan hidup serta meningkatkan kesehatan & efisiensi masyarakat.

    BalasHapus
  3. Siska Aulia Sari (15410068P)
    Menurut pendapat saya konsep dari:
    > Penyakit adalah kegagalan mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap ransangan atau tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi atau struktur atau sistem dari tubuh.
    Hal ini berarti ada keadaan dimana proses kehidupan tidak lagi teratur atatu terganggu perjalanannya. Penyakit bukan hanya berupa kelainan yang dapat dilihat dari luar tetapi juga suatu keadaan terganggunya keteraturan fungsi dalam tubuh.
    > kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat.
    Inti dari kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni dalam melakukan kegiatan yang bersifat promotif dan preventif agar masyarakat dapat hidup sehat secara menyeluruh.

    BalasHapus
  4. Nama : Firmansyah
    NPM : 15410034P

    Hal yang harus digaris bawahi mengenai konsep penyakit dan kesehatan masyarakat yaitu penyakit adalah kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi struktur suatu organ tertentu yang merupakan masalah yang harus diatasi sedini mungkin demi menciptakn kehidupan sehat yang berkulitas bagi masyarakat. Sedangkan Kesehatan masyarakat adalah ilmu atau disiplin dalam mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup, meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat dan merupakan solusi dari permasalahan penyakit yang ada, sehingga dapat disimpulkan pada konsep ini bahwa kesehatan masyarakat merupakan kunci dari penyakit.

    BalasHapus
  5. Dwi Restalia
    15410031P

    Penyakit adalah kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi atau struktur dari bagian organ atau sistem dari tubuh.

    Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan kiat seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat.

    Jadi, dengan adanya ilmu kesehatan masyarakat diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang berguna untuk menghadapi suatu penyakit sehingga masyarakat nantinya mampu beradaptasi terhadap penyakit yang ada dan atau penyakit yang mungkin timbul dikemudian hari. Dimana dengan tujuan akhir dari ilmu kesehatan masyarakat itu sendiri yaitu mencapai masyarakat yang sehat dan memiliki harapan hidup yang panjang.

    BalasHapus
  6. Penyakit adalah kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi atau struktur dari bagian organ atau sistem dari tubuh.

    Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan kiat seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat.

    Inti ilmu kesehatan masyarakat adalah melakukan kegiatan yang bersifat promotif dan preventif agar masyarakat dapat hidup sehat secara menyeluruh.

    BalasHapus
  7. Nama : sintya pramita
    Npm : 15410067P

    Pada konsep dasar, Penyakit merupakan kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan / tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi struktur, bagian, organ, atau sistem dari tubuh. Dengan demikian maka konsep kesehatan masyarakat yg merupakana ilmu dan seni untuk mencegah penyakit sangat diperlukan. Misalnya pada kegiatan promotif dan preventif sebagai solusi dari permasalahan timbulnya penyakit yang ada. Sehingga masyarakat dapat hidup bersih dan sehat dan mampu meningkatkan kesehatan masyarakat serta memiliki harapan hidup yg panjang.

    BalasHapus
  8. Nama : mrlintamara rika
    NPM : 15410090 P

    menurut saya hal yg harus digarisbawahi tentang konsep penyakit adalah :
    Penyakit adalah kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanan sehingga timbul gangguan pada fungsi atau struktur dari bagian organ atau sistem dari tubuh.
    Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan kiat seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat. Sehingga dengan adanya ilmu kesehatan masyarakat diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang berguna untuk menghadapi suatu penyakit sehingga masyarakat nantinya mampu beradaptasi terhadap penyakit yang ada dan atau penyakit yang mungkin timbul dikemudian hari. Dimana dengan tujuan akhir dari ilmu kesehatan masyarakat itu sendiri yaitu mencapai masyarakat yang sehat dan memiliki harapan hidup yang panjang.

    BalasHapus
  9. Mengenai konsep penyakit dan kesehatan masyarakat merupakan keterkaitan yang saling berhubungan satu sama lain. Penyakit diartikan sebagai ketidakmampuan atau kegagalan dari mekanisme suatu organisme dimana proses kehidupan terganggu perjalanannya. Sedangkan kesehatan masyarakat merupakan kelompok ahli kesehatan yg berfokus kepada pencegahan dan promkes dimana bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit di suatu kelompok dan tujuan akhir adalah ada nya kesehatan yg stabil dan panjangnya usia hidup

    Heisha S (15410036P)

    BalasHapus
  10. Menurut saya hal yg harus digaris bawahi mengenai konsep penyakit yaitu :
    Penyakit adalah kegagalan dari mekanisme adaptasi suatu organisme untuk bereaksi secara tepat terhadap rangsangan atau tekanan sehingga menyebabkan timbulnya gangguan pada fungsi atau struktur dari bagian organ atau sistem dari tubuh
    Kesehatan masyarakat yaitu :
    ilmu dan kiat seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang harapan hidup dan meningkatkan kesehatan dan efisiensi masyarakat.

    BalasHapus